Aditpt’s Weblog


TEFLON DAN KESEHATAN MANUSIA: EFEK NEGATIF BAHAN KIMIA PFOA
May 24, 2009, 11:48 am
Filed under: Uncategorized

Assalamu’alaikum

sudah sangat lama saya tidak mengupdate blog ini,

artikel ini saya buat dalam rangka memenuhi tugas kuliah Aspek Lingkungan dalam teknik Material.

Semoga bermanfaat.

Lebih dari 65 tahun yang lalu di sebuah laboratorium di new Jersey selatan, DuPont Co. Chemist secara tidak sengaja menemukan sejenis bahan bersifat seperti lilin yang sampai saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia modern, Teflon.

Teflon adalah polytetrafluoroethylene, (PTFE).  Struktur molekul teflon adalah berupa rantai atom karbon yang panjang, mirip dengan polimer lainnya. Rantai atom yang panjang ini dikelilingi oleh atom fluor. Ikatan antara atom karbon dengan fluor sangat kuat.

Struktur teflon (PTFE)

Teflon memiliki sifat – sifat yang unik, berikut diantaranya:

  1. Tahan terhadap banyak bahan kimia, termasuk ozone, chlorine, acetic acid, ammonia, sulfuric acid, dan hydrochloric acid. Satu –satunya bahan kimia yang bisa merusak lapisan teflon adalah lelehan logam alkali.
  2. Anti radiasi Ultra Violet dan tahan segala cuaca.
  3. Anti lengket.
  4. Mempunyai performa yang baik pada temperatur ekstrim, tahan pada temperatur  -240°C sampai pada 260 °C. Teflom memiliki titik leleh 342°C.
  5. Bersifat hidrofobik (tidak suka air).

Selama ini hampir semua manusia di seluruh dunia menggunakan alat memasak, biasanya panci, yang dilapisi oleh sejenis lapisan yang bernama teflon. Bahan ini tahan terhadap temperatur yang tinggi dan membuat masakan tidak akan lengket (anti lengket) pada alat memasak tersebut walaupun tidak menggunakan minyak.

Teflon

Panci berlapis teflon

Hampir selama 65 tahun juga manusia di seluruh dunia dibohongi mengenai efek negatif dari penggunaan teflon dalam melapisi panci untuk memasak makanan.

PFOA, atau amonium perfluorooctanoic acid, merupakan zat kimia utama dalam pembuatan teflon sebagai pelapis dalam alat memasak. PFOA tidak hanya digunakan dalam membuat pelapis alat memasak, tapi juga banyak digunakan dalam industri otomotif, elektronik dan persenjataan. Contohnya, PFOA digunakan untuk membuat kabel, power steering, rem mobil dan pelumas gear.

Saat ini teflon sedang mendapat perhatian lebih dari kalangan ilmuwan, dan mereka melakukan tes terhadap beberapa sampel: berang – berang sungai di di Oregon, beruang kutub di Kanada, dan dalam darah dari 96% anak anak yang diuji di 23 negara bagian.

DuPont sebagai pencipta teflon mengatakan bahwa lebih dari 50 tahun penggunaan teflon, tidak ada bukti bahwa teflon berbahaya bagi kesehatan makhuk hidup.

“Bahan kimia ini tidak memberikan efek apapun terhadap binatang yang diberi makanan dengan dosis PFOA yang tinggi. Tapi binatang memberi respon yang berbeda dengan manusia, dan tidak ada bukti bahwa bahan kimia ini berbahaya bagi kesehatan manusia.”, David Boothe, manager DuPont.

Pada tahun 2004 Envirnmental Protection Agency (EPA), telah melakukan riset terhadap data sains PFOA terhadap dampaknya pada kesehatan manusia. Pada tahun yang sama media banyak melaporkan bahwa DuPont, pembuat teflon, tidak memberikan informasi yang cukup mengenai kehadiran PFOA pada sumber air dan dampaknya pada ibu hamil, karena dapat menembus plasenta dan menuju janin.

Gas yang dihasilkan oleh panci yang dilapisi oleh teflon mempunyai campuran yang kompleks yang berbeda – beda kompisinya terhadap temperatur. Pada temperatur tertentu gas yang dihasilkan didominasi oleh satu atau beberapa bahan kimia, sementara bahan kimi lainnya hanya erdapat dalam jumlah yang sangat kecil. Akumulasi gas ini pada makanan belom diuji, tapi beberapa jenis gas yang dihasilkan dikenal sebagai gas yang bersifat  racun.

Setelah melakukan uji dan pengambilan sampel, ilmuwan menemukan beberap efek PFOA dalam kesehatan:

  1. Dari pengujian terhadap binatang

Binatang yang digunakan antaranya kelinci, tikus dan monyet yang diberi dosis PFOA yang tinggi, mengalami perubahan bentuk jantung, pengurangan berat badan. Pemberian PFOA dengan media udara mengakibatkan binatang percobaan mengalami gangguan pernafasan, perubahan berat jantung, pengurangan berat baan, dan gangguan mata.  Hal ini dalam jangka waktu panjang mengakibatkan kanker liver, dan pankreas pada binatang uji.

  1. Pengujian terhadap manusia

Pengujian dilakukan terhadap pekerja di USA dan Eropa yang banyak berhubungan dengan dosis PFOA yang tinggi. Pada 4000 sampel pengujian tidak ditemukan hubungan antara kadar PFOA yang tinggi dengan penyebab kanker. Namun, pada tahun 1981 ditemukan dua bukti dari pekerja yang berinteraksi dengan PFOA, melahirkan anak yang cacat lahir.

Merupakan hal yang sangat miris ketika sebuah perusahaan besar terus mengambil keuntungan tanpa memperhitungkan keselamatan konsumennya. Oleh karena itu kita harus berhat – hati terhadap penggunaan berbagai bahan yang mengandung bahan kimia yang belum kita kenali. Lebih baik kita kembali ke alam, hidup serasi dengan alam. Jangan terlalu percaya terhadap bahan – bahan kimia yang dikatakan oleh produsen mempunyai fungsi yang baik.



PILWAKOT BANDUNG
July 29, 2008, 12:06 am
Filed under: Uncategorized

Assalammualaikum

Wah di bandung sekarang lagi rame banget nih ngomongin pilwakot. Di mana – mana banyak spanduk dan baligho si calon pemimpin kota Bandung periode 5 tahun ke depan. Mereka muncul dengan kata – kata yang manis yang seolah – olah kata – kata itu benar – benar menunjukkan kapasitan dan jati diri mereka. Dari pengalaman yang sudah – sudah sangat hanya sedikit sekali kata – kata yang terealisasi dari ucapan calon pemimpin di Indonesia, yah kira – kira 0.1% lah. Becandakah saya???  Melihat fakta – fakta yang ada bisa ditarik satu kesimpulan bahwa kalimat yang saya sampaikan tadi adalah BENAR ADANYA.

Salah satu contoh yang paling menarik adalah [ernyataan si SBY ketika sedang kampanye capres, beliau mengakatakan bahwa beliau tidak akan menaikkan harga bbm apabila beliau berhasil menjadi presiden, tapi apa buktinya, fakta berbicara lain. Yah saya mengerti kalau harga minyak mentah memang naik tidak karuan selama tahun 2008 ini, tapi ketika beliau mengakatakan tidak akan menaikkan harga bbm, seharusnya beliau mengatakan dalam range berapa pemerintah sanggup menghandle harga minyak mentah perbarel.

Ok, balik lagi ke pilwakot Bandung, ada DADA-AYI di di nomor urut 1, TAUFIKURAHMAN-ABU SYAUQI  di nomor urut 2, dan HADI di nomor urut 3. Oh iya sekadar info Bapak Taufikurahman itu pernah jadi dosen ITB loh, cuma yang saya dengeer sekarang beliau sudah mengundurkan diri. Kalau Dada Ayi itu mereka adalah walikota bandung yang sekarang. Mudah mudahan siapa pun yang terpilih bisa menjadikan kota bandung lebih baik, amin

sekian dulu pos dari saya hari ini,

wassalammu’alaikum



International Youth Forum di Mata Adit
June 30, 2008, 4:16 pm
Filed under: Uncategorized

Assalammu’alaikum wr. wb.

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti Opening Ceremony International Youth Forum yang diadain di Bandung, tepatnya di gedung Merdeka, tempat diadakannya Konferensi Asia Afrika. Di situ saya ketemu beberapa orang bule dan sedikit berbasa – basi dengan mereka. Dengan bermodalkan bahasa Inggris yang pas – pasan untuk lulus Presentation Class di kampus berkenalanlah saya dengan salah satu peserta yang berasal dari Ausralia. Namanya Sesil. Setelah memperkenalkan diri dia mengajak saya untuk berjabat tangan, dan dengan “gantengnya” gw hanya mengatupkan tangan gw dan mendekatkannya ke dada. Yah jelas hal ini menimbulkan respons yang sudah saya harapkan dari awal, she asked me, like this:

Sesil (S) : What’s wrong with shaking hands?

Adit (A) : In my religion the woman that I can touch is only my wife and my muhrim.

S: What’s muhrim?

A: Women that i can’t marry me. you know like my mom, and my family.

S: Ohhh, so you’re moslem?

A: I am. (harap maklum dengan bahasa inggris saya yang pas – pasan)

Dari sini gw mulai bertanya bagaimana kehidupan muslim di Australia, yah sedkit bertanya tenteng keadaan keluarga yang seiman. Pembicaraan kami ditutup dengan dipanggilnya para peserta ke tempat duduk ( saya kenalannya ketika sesi tur).

Ini foto saya waktu menghadiri IYF.

Yah acaranya cukup meriah, berhubung acara ini skalanya internasional.

Isi acaranya kebanyakan tentang kepemudaan, terus ada Millenium Development Goals (MDG’s), peran pemuda dalam tercapainya peace. Ada satu topik menurut saya yang cukup menarik ketika salah satu speaker berbicara tentang Barrack Obama yang menurut beliau merupakan figur pemuda yang paling sukses saat ini. Yah saya mengerti kalau Barrack memang tokoh pemuda yang cukup sukses, hanya saja saya pernah mendengar penyangkalan dia tentang kebenaran bahwa dia pernah menjadi muslim.

Sebagai seorang muslim saya tidak melihat kalau Barrack merupakan figur yang tepat dalam memimpin Amerika. Kaenapa saya sampai berpikiran seperti itu? Hal ini karena saya yakin bahwa siapapun yang akan menjadi preiden Amerika pasti diharuskan untuk menolong Yahudi. Apalagi Barrack, yang notabene pernah menjalani kehidupan di sekolah muslim, harus membuktikan bahwa dia bukanlah seorang simpatisan muslim. Untuk membuktikannya bisa jadi dia malah mengeluarkan dana yang lebih besar untuk proyek Palestina.

Sudah cukup berbicara tentang politiknya…

Tanggal 26 Juni yang lalu acara IYF diadakan di Taman Ganesha, dan saya menjadi staf logistik yang super – super sibuk.

Satu hari menjelang acara, kami rapat – rapat tak jelas dan melihat – lihat pengerjaan tenda dan panggung. Sore harinya kami harus memindahkan peralatan Rampak Gendang (kalo tidak salah) dari sekre LSS ITB ke Taman Ganesha, dan saudara – saudar jumlah gendangnya 30-an aja. Untung teman – teman di LSS baek semua, jadi pada ngebantuin ngangkatin tuh gendang. Malamnya kami tidur hanya 1-2 jam saja karena ada pertandingan Jerman VS Turki. Secara saya nontonnya di Asrama Salman tentu saja semuanya merupakan simpatisan Turki. Abis pertandingan selesai dilanjutkan dengan shalat malam dan dilanjutkan dengan ngeberesin ruangan seminar dan dilanjutkan dengan shalat subuh. Abis itu saya pulang, mandi dan balik lagi. Yah acaranya keren bangetlah , apalagi pas malemnya, sayang sore harinya saya harus pergi e Pekalongan untuk menunaikan amanah dari orang tua.

Mudah – mudahan acara itu bisa nambah wawasan saya dan gak cuma ngasih sakit pinggang dan lengan jadi pegel – pegel.

Itu aja buat kali ini.

Wassalammu’laikum wr. wb



Ta’aruf dulu
June 20, 2008, 3:02 pm
Filed under: Uncategorized

Assalammu’alaikum wr. wb.

Hai semuanya, sekarang saya mau memperkenalkan diri saya dulu neh.

Nama saya Aditya Putra Tama, dpanggilnya seh adit atau PT.

Saya dilahirkan di ibukota Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Saat ini kegiatan utama saya adalah kuliah di Program Studi Teknik Material Institut Teknologi Bandung. Sekarang saya juga mencoba untuk aktif di beberapa organisasi di kampus tercinta.

Saya saat ini akif di Gamais, suatu organisasi yang bergerak di bidang dakwah keislaman di kampus. Saat ini saya masih menjabat sebagai kader muda Gamais, semoga ke depannya saya bisa menjadi salah seorang yang menjabat sebagai BPH Gamais. Saat ini saya sedang mendapat amanah  lebih di Gamais, saya ditunjuk sebagai koordinator divisi dokumentasi Penerimaan Mahasiswa Baru – Ramadhan (PMB-R). Yah doakan supaya acara yang kami jalankan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Organisasi lain yang saya ikuti adalah Mahasiswa Teknik Material (MTM). MTM merupakan satu – satunya organisai yang berbasiskan keprofesian, dalam hal ini teknik material, di ITB. Agenda paling dekat yang akan dilaksanakan adalah syukuran buat para wisudawan di bulan Juli.

Yah saya rasa cukup sekian dulu ta’arufnya, laen kali kita lanjutkan ya…




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.